Cerita Bergambar Legenda Batu Menangis

Jika Bapak/Ibu mencari jawaban atas soal cerita bergambar legenda batu menangis, Bapak/Ibu berada di website yang tepat. Kami mempunyai sekitar 10 Pertanyaan dan jawaban tentang cerita bergambar legenda batu menangis. Untuk informasi lebih lanjut, silakan simak di bawah ini.

sinopsis  cerita rakyat batu menangis  tubuh darmi mulai

manfaat apa yang ada pada cerita legenda batu menangis

Pertanyaan: manfaat apa yang ada pada cerita legenda batu menangis

anak tidak boleh melawan orang tua.Jika anak tersebut melawan lalu orang tua yang dikenai hukuman maka anak itu pasti menyesal

Kelebihan Dari cerita legenda batu menangis

Pertanyaan: Kelebihan Dari cerita legenda batu menangis

kelebihan dari cerita legenda batu menangis adlah ada pesan moral atau amanat yang disampaikan oleh pengarang

pesan moral atau amanat yang disampaikan oleh pengarang lewat sebuah cerita

Cerita tentang legenda batu menangis

Pertanyaan: Cerita tentang legenda batu menangis

Kisah tentang seorang anak yang durhaka kepada orang tuanya dan dikutuk menjadi batu layaknya malin kundang, tetapi batu menangis versi perempuan yang menangis.
semoga membantu!!

Cerita Batu Menangis adalah cerita rakyat yang berasal dari Daerah Kalimantan

Cerita ini menjelaskan tentang seorang anak perempuan yang durhaka pada ibunya lalu dikutuk oleh ibunya menjadi batu. Batu ini menangis konon karena sang anak meminta bantuan ibunya dan menyesali perbuatannya. Berikut Cerita Batu Menangis :
 
     Di sebuah bukit yang jauh dari desa, di daerah Kalimantan hiduplah seorang janda miskin dan seorang anak gadisnya. Anaknya memiliki wajah cantik jelita namun memiliki prilaku buruk. Ia tidak pernah membantu ibunya karena ia malas.

     Pada suatu hari gadis itu diajak ibunya untuk turun ke desa untuk pergi ke pasar. Letaknya sangat jauh sehingga mereka melalui perjalanan yang cukup melelahkan. Anaknya memakai baju yang sangat cantik agar orang dijalan mengaguminya sedangkan ibunya berpakaian yang kotor dan dekil, ia berjalan di belakang anaknya. Saat tiba di desa, banyak pemuda yang mengagumi kecantikan anak tersebut, namun saat ia melihat perempuan yang di belakangnya, sungguh kontras keadaannya. Tak lama ada pemuda yang menghampiri gadis itu dan bertanya ” Hai gadis cantik, apa yang dibelakangmu adalah ibumu ?”
“Bukan!, dia hanyalah pembantuku!”
Seperti itulah setiap pemuda bertanya tentang ibunya. Awalnya sang ibu masih dapat menahan diri. Namun karena sudah berulang kali ia disebut pembantu oleh anaknya, ia tak dapat menahan diri lagi. Si ibu berdoa :
” Ya Tuhan!, teganya anak kandungku ini, hamba sudah tak dapat menahan diri lagi. Hukumlah anak durhaka ini, hukumlah dia”

     Atas kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa, gadis itu perlahan-lahan menjadi batu. Saat setengah badannya telah menjadi batu, barulah anak ini meminta bantuan ibunya
” Ibu tolong aku bu!, ampunilah aku bu! aku telah durhaka padamu bu!, ampunilah anakmu”. Anak itu terus menangis dan memohon kepada ibunya. Lalu akhirnya seluruh tubuhnya menjadi batu. Meskipun sudah menjadi batu, namun kedua matanya masih meneteskan air mata. Itulah sebabnya cerita ini disebut batu menangis.

Alur cerita dalam legenda batu menangis

Pertanyaan: Alur cerita dalam legenda batu menangis

Alurnya maju

Semoga jwb tersebut membantu

Kelebihan dari cerita legenda batu menangis

Pertanyaan: Kelebihan dari cerita legenda batu menangis

*Memiliki pesan moral yang baik.
*sesuai dengan kehidupan sehari hari sehingga pesan moral nya lebih mudah diterapkan di keseharian

pembantu di cerita legenda batu menangis

Pertanyaan: pembantu di cerita legenda batu menangis

Jawaban:

Warga desa

Penjelasan:

maaf kalau salah

latar dalam cerita Legenda Batu Menangis adalah​

Pertanyaan: latar dalam cerita Legenda Batu Menangis adalah​

Jawaban:

di tengah hutan

Penjelasan:

karena anak nya itu mengangap bahwa ibunya itu pem bantu

maaf kalau salah

1. Penulisan judul cerita tersebut yang benar adalah ….A Legenda

Pertanyaan: 1. Penulisan judul cerita tersebut yang benar adalah ….
A Legenda Batu Menangis
C. Legenda Batu menangis
B. Legenda batu menangis
D. legenda Batu Menangis​

♧ Pembukaan ♧

♧ Bismillahirrahmanirrahiim ♧

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Saya izin menjawab soal ini, Maaf kalau jawaban saya kurang memuaskan.

♧ Pendahuluan ♧

Legenda Batu Menangis

◇ Legenda Batu Menangis adalah legenda yang mengisahkan tentang seorang gadis yang cantik jelita. Namun karena kecantikannya ia menjadi durhaka kepada ibunya dikarena kan ibunya yang sudah tua, jelek dan pakaian ibunya yang sudah usang. Akhirnya si gadis dikutuk oleh ibunya dengan berdoa kepada tuhan. ia mengutuk anaknya menjadi sebuah patung batu. Dan setelah dikutuk menjadi batu, gadis tersebut kaku namun terlihat masih ada air mata yang keluar dari matanya. sehingga batu tersebut dijuluki dengan nama Batu Menangis.

♧ Jawaban ♧

Penulisan judul cerita tersebut yang benar adalah A. Legenda Batu Menangis

♧Penjelasan dan Pembahasan♧

◇ Penulisan huruf kapital pada kalimat harus diperhatikan. Huruf kapital dipakai pada kalimat dan kata tertentu. tidak semua penulisan kata pada sebuah kalimat menggunakan huruf kapital. Namun berbeda beda penulisannya pada sebuah kalimat atau pargraaf.

  • ◇ Kegunaan huruf kapital antara lain:

1. Huruf kapital dipakai pada awal kata pada sebuah kalimat.

2. Huruf kapital dipakai pada awal kata nama jalan, nama kota, nama orang, nama provinsi, nama negara, Dan lain lain.

3. Huruf kapital dipakai pada setiap awal kata pada sebuah kallimat atauu paragraf. Hiruf kapital juga dipakai pada huruf awal nama nama lembaga, Kantor, nama terkenal atau nama yang bersifat publik lainnya.

Contoh kata dengan huruf kapital:

Nama Kota :

  • Kota Malang
  • Kota Semarang
  • Kota Pekanbaru
  • Kota Bagan Siapi Api
  • Kota Dumai
  • Dll.

Nama orang :

  • Aida Afifah
  • Aisyah
  • Nur Afifah
  • Zalinah
  • Lala
  • Rosalinda
  • Muna
  • Musthofa
  • Maulana
  • Dll.

Dan banyak lagi.

♧ ________________________ ♧

Kallimat yang menggunakan huruf kapital:

1. Aku dan adikku pergi ke taman.

2. Aida adalah anak yang rajin.

3. Aida membersihkan kamarnya setiap hari.

4. Pada bulan Januari, Afifah ulang tahun.

5. Ayah dan ibu pergi bekerja.

6. Dan lain lain.

Intinya :

◇ Huruf kapital dipakai pada huruf awal sebuah kata pada satu kalimat. Huruf kappital juga dipakai pada awal nama bulan, nama orang, nama kota, dan lain lain.

Kesimpulan :

◇ Penulisan judul cerita Batu Menangis, menggunakan huruf kapital pada setiap awal katanya.

Karena kalimat tersebut merupakan sebuah judul cerita. Jadi setiap kata pada kalimatnya menggunakan huruf kapital pada awal setiap kata.

♧ Detil jawaban ♧

Kelas : 4

Mapel : B. Indonesia

Materi : Penulisan huruf kapital

Kata kunci : Huruf kapital

Kode soal : 1

Bab : 4

Kode kategoris : 7. 1. 4

♧ ________________________ ♧

Demikian pembahasan Materi Penulisan huruf kapital.

Sekian Terima kasih.

❤Wassalam❤

# Ayo belajar

# Belajar bersama di Brainly

resume cerita legenda batu menangis

Pertanyaan: resume cerita legenda batu menangis

intinya yg saya tau crta itu adalah anknya ada 2 cowok dn cewek dimana kedua anknya itu sngt durhaka sma ibunya, krna merka miskin kedua ank itu ktka lapar mereka membuka tudung saji dn dilihatnya lah isinya cuma tempe dn ikan, mrka berdua mrh dn melempar tudng sji itu kepada ibu mrka.. ibu nya tdk snggup mlht tingkah kedua anknya lalu ibunya pergi ke sebuah batu besar berbentuk bulat,disna ibunya tetap msh mngs lalu ibu nya memohon kpda batu supaya ia diberi uang ternyata batu itupun membri kepingan emas kpda ibu itu,lalu ibu tsb memask mknan yg enk seprti ikan,ayam dll supaya ktka anknya mkn kedua anknya tdk mrh lgi kpdanya dn supya anknga senang. lalu stlh ibu nya memsk banyk mknan yg bgtu enakkkk untuk anknya, ibu tsb pergi ke batu itu lgi untuk menyerahkan diri kepda batu tsb dn ibunya msk kebatu tsb atau bisalah di bilang ditelan batu itu, ktka di ibu itu didlm batu tsb itu itu mngs dn rambut ibu tsb yg panjang tdk ikut msk kedlm batu tetapi diluar. stlh kedua anknya pulang dri tmpt mrka bermain, merka kermh dn makan,lalu merka mkn stlh mkn mrka menyari ibu merka untuk berterimaksh karna tlh msk yg enkkk untk kedua anknya. Tapi ktka mereka mencari ibunya, kedua anknya tdk menemukn ibunya, lalu ia bertanya kpda seorng bpk2 :” apakh bapak lht ibu sya ?” kta bpk iti:” saya tdk mlht, kursa ibu kalian ke batu yg bsr dkt sungai” lalu kedua anknya pergi kebtu bsr tsb, stlh smpai dibatu bsr tsb tmpt dimana ada ibu mrka,mrka mengs dn menyesali smua perbuatan merka,mrka berjanji tdk akn ngelawan,maupun memarahi ibunya lgi.. lalu batu bsr tersebut mengeluarkan ibu mrka, dn ibu serta kedua anknya itu plng kermh.. stlh smpai dirmh kedua anknya itu membantu ibunya memask dn membersihkan rmh serta kedua anknya itu tdk ngelawan ibu nya lgi.. kyk gitulah kalau gak slh crtanya ya, pernh sya tonton di tv

ada anak yg durHaka sama ibunya ,,,trus ibunya itu pergi kesungai dan dia menangis

apa isi cerita dalam legenda batu menangis

Pertanyaan: apa isi cerita dalam legenda batu menangis

cerita yang menceritakan tentang seorang gadis yang durhaka terhadap ibunya lalu ia menyesal atas perbuatannya namun sayangnya penyesalannya itu terlambat karena dia sudah menjadi batu sehingga batu itu terus menangis dan disebutlah legenda batu menangis

seorang gadis durhaka dan ibunya

Tidak hanya jawaban dari soalan mengenai cerita bergambar legenda batu menangis, Bapak/Ibu juga mendapatkan kunci jawaban atas pertanyaan seperti pembantu di cerita, 1. Penulisan judul, latar dalam cerita, Cerita tentang legenda, and resume cerita legenda.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak