Cerita Dongeng Bergambar Dan Singkat

Jika Bapak/Ibu mencari jawaban atas soal cerita dongeng bergambar dan singkat, Bapak/Ibu berada di website yang tepat. Kami mempunyai sekitar 10 Pertanyaan dan jawaban tentang cerita dongeng bergambar dan singkat. Untuk informasi lebih lanjut, silakan simak di bawah ini.

dongeng anak cerita kupu kupu  semut dunia anak

Tulislah cerita dongeng/rakyat yang pernah kalian baca lalu ceritakan dengan

Pertanyaan: Tulislah cerita dongeng/rakyat yang pernah kalian baca lalu ceritakan dengan singkat?

Jawaban:

pada suatu Hari kancil sedang memakan rumput,dengan seketika kancil ingin di makan sama harimau,tetapi beruntung nya kancil mengatahui harimau ada di blakang Dan akhirnya kancil kabur.tamat.

Penjelasan:

cerita kancil

Roro Jonggrang

Ceritanya tentang kisah cinta antara Pangeran Bandung Bondowoso dengan Putri Roro Jonggrang yang berakhir tragis. Roro Jonggrang bersedia menerima lamaran Bandung Bondowoso apabila ia menerima tantangan membuat sumur dan membangun seribu candi dalam waktu semalam saja.

Ketika Bandung hampir menyelesaikan candi ke-999, Roro Jonggrang bertindak curang dengan memerintahkan kepada dayang istana dan perempuan desa untuk menumbuk padi dan membakar jerami agar makhluk halus yang membantu Bandung membuat candi mengira bahwa matahari telah terbit. Bandung Bondowoso pun marah dan mengutuk Roro Jonggrang menjadi batu.

ceritakan dongeng yang ada di sidoarjo secara singkat

Pertanyaan: ceritakan dongeng yang ada di sidoarjo secara singkat

Sidoarjo dulu dikenal sebagai pusat Kerajaan Janggala. Pada masa kolonialisme Hindia Belanda, daerah Sidoarjo bernama Sidokare, yang merupakan bagian dari Kabupaten Surabaya. Daerah Sidokare dipimpin oleh seorang patih bernama R. Ng. Djojohardjo, bertempat tinggal di kampung Pucang Anom yang dibantu oleh seorang wedana yaitu Bagus Ranuwiryo yang berdiam di kampung Pangabahan. Pada 1859, berdasarkan Keputusan Pemerintah Hindia Belanda No. 9/1859 tanggal 31 Januari 1859 Staatsblad No. 6, daerah Kabupaten Surabaya dibagi menjadi dua bagian yaitu Kabupaten Surabaya dan Kabupaten Sidokare . Sidokare dipimpin R. Notopuro (kemudian bergelar R.T.P Tjokronegoro) yang berasal dari Kasepuhan. Ia adalah putra dari R.A.P. Tjokronegoro, Bupati Surabaya. Pada tanggal 28 Mei1859, nama Kabupaten Sidokare, yang memiliki konotasi kurang bagus diubah menjadi Kabupaten Sidoarjo .

sorry kalau salah

ceritakan tentang dongeng yg singkat dong​

Pertanyaan: ceritakan tentang dongeng yg singkat dong​

Jawaban:

Si Kura-Kura yang Sombong

cerita dongeng kura-kura

Ada seekor kura-kura yang sombong dan merasa dirinya lebih pantas terbang dibandingkan berenang di perairan. Ia jengkel karena memiliki tempurung keras yang membuat tubuhnya terasa berat.

Ia pun kesal melihat kawan-kawannya sudah berpuas diri dengan berenang. Saat melihat burung yang bebas terbang di langit, kejengkelannya kian bertambah.

Suatu hari, kura-kura ini memaksa seekor angsa untuk membantunya terbang. Si angsa setuju. Ia mengusulkan agar si kura-kura berpegangan pada sebatang kayu yang akan diangkatnya.

Karena tangan kura-kura agak lemah, ia menggunakan mulutnya yang lebih kuat. Ia pun akhirnya bisa terbang dan merasa bangga.

Melihat teman-temannya yang tengah berenang, ia ingin menyombongkan diri. Ia lupa bahwa mulutnya harus terus dipakai untuk menggigit kayu. Ia pun terjatuh dengan keras. Beruntung, ia selamat berkat tempurung yang pernah dibencinya.

cerita dongeng singkat tentang lutung kasaraung

Pertanyaan: cerita dongeng singkat tentang lutung kasaraung

Pada jaman dahulu kala di tatar pasundan ada sebuah kerajaan yang pimpin oleh seorang raja yang bijaksana, beliau dikenal sebagai Prabu Tapak Agung. 
Prabu Tapa Agung mempunyai dua orang putri cantik yaitu Purbararang dan adiknya Purbasari. 
Pada saat mendekati akhir hayatnya Prabu Tapak Agung menunjuk Purbasari, putri bungsunya sebagai pengganti. “Aku sudah terlalu tua, saatnya aku turun tahta,” kata Prabu Tapa. 
Purbasari memiliki kakak yang bernama Purbararang. Ia tidak setuju adiknya diangkat menggantikan Ayah mereka. “Aku putri Sulung, seharusnya ayahanda memilih aku sebagai penggantinya,” gerutu Purbararang pada tunangannya yang bernama Indrajaya. Kegeramannya yang sudah memuncak membuatnya mempunyai niat mencelakakan adiknya. Ia menemui seorang nenek sihir untuk memanterai Purbasari. Nenek sihir itu memanterai Purbasari sehingga saat itu juga tiba-tiba kulit Purbasari menjadi bertotol-totol hitam. Purbararang jadi punya alasan untuk mengusir adiknya tersebut. “Orang yang dikutuk seperti dia tidak pantas menjadi seorang Ratu !” ujar Purbararang. 
Kemudian ia menyuruh seorang Patih untuk mengasingkan Purbasari ke hutan. Sesampai di hutan patih tersebut masih berbaik hati dengan membuatkan sebuah pondok untuk Purbasari. Ia pun menasehati Purbasari, “Tabahlah Tuan Putri. Cobaan ini pasti akan berakhir, Yang Maha Kuasa pasti akan selalu bersama Putri”. “Terima kasih paman”, ujar Purbasari. 
Selama di hutan ia mempunyai banyak teman yaitu hewan-hewan yang selalu baik kepadanya. Diantara hewan tersebut ada seekor kera berbulu hitam yang misterius. Tetapi kera tersebut yang paling perhatian kepada Purbasari. Lutung kasarung selalu menggembirakan Purbasari dengan mengambilkan bunga –bunga yang indah serta buah-buahan bersama teman-temannya. 
Pada saat malam bulan purnama, Lutung Kasarung bersikap aneh. Ia berjalan ke tempat yang sepi lalu bersemedi. Ia sedang memohon sesuatu kepada Dewata. Ini membuktikan bahwa Lutung Kasarung bukan makhluk biasa. Tidak lama kemudian, tanah di dekat Lutung merekah dan terciptalah sebuah telaga kecil, airnya jernih sekali. Airnya mengandung obat yang sangat harum. 
Keesokan harinya Lutung Kasarung menemui Purbasari dan memintanya untuk mandi di telaga tersebut. “Apa manfaatnya bagiku ?”, pikir Purbasari. Tapi ia mau menurutinya. Tak lama setelah ia menceburkan dirinya. Sesuatu terjadi pada kulitnya. Kulitnya menjadi bersih seperti semula dan ia menjadi cantik kembali. Purbasari sangat terkejut dan gembira ketika ia bercermin ditelaga tersebut. 
Di istana, Purbararang memutuskan untuk melihat adiknya di hutan. Ia pergi bersama tunangannya dan para pengawal. Ketika sampai di hutan, ia akhirnya bertemu dengan adiknya dan saling berpandangan. Purbararang tak percaya melihat adiknya kembali seperti semula. Purbararang tidak mau kehilangan muka, ia mengajak Purbasari adu panjang rambut. “Siapa yang paling panjang rambutnya dialah yang menang !”, kata Purbararang. Awalnya Purbasari tidak mau, tetapi karena terus didesak ia meladeni kakaknya. Ternyata rambut Purbasari lebih panjang. 
“Baiklah aku kalah, tapi sekarang ayo kita adu tampan tunangan kita, Ini tunanganku”, kata Purbararang sambil mendekat kepada Indrajaya. Purbasari mulai gelisah dan kebingungan. Akhirnya ia melirik serta menarik tangan Lutung Kasarung. Lutung Kasarung melonjak-lonjak seakan-akan menenangkan Purbasari. Purbararang tertawa terbahak-bahak, “Jadi monyet itu tunanganmu ?”. 
Pada saat itu juga Lutung Kasarung segera bersemedi. Tiba-tiba terjadi suatu keajaiban. Lutung Kasarung berubah menjadi seorang Pemuda gagah berwajah sangat tampan, lebih dari Indrajaya. Semua terkejut melihat kejadian itu seraya bersorak gembira. Purbararang akhirnya mengakui kekalahannya dan kesalahannya selama ini. Ia memohon maaf kepada adiknya dan memohon untuk tidak dihukum. Purbasari yang baik hati memaafkan mereka. Setelah kejadian itu akhirnya mereka semua kembali ke Istana. 
Purbasari menjadi seorang ratu, didampingi oleh seorang pemuda idamannya. Pemuda yang ternyata selama ini selalu mendampinginya dihutan dalam wujud seekor lutung.

kenapa aku tau,karna aku pernah presentasi

cerita dongeng singkat!!!​

Pertanyaan: cerita dongeng singkat!!!

Jawaban:

Cerita Dongeng: Si Kura-Kura yang Sombong

cerita dongeng kura-kura

Ada seekor kura-kura yang sombong dan merasa dirinya lebih pantas terbang dibandingkan berenang di perairan. Ia jengkel karena memiliki tempurung keras yang membuat tubuhnya terasa berat.

Ia pun kesal melihat kawan-kawannya sudah berpuas diri dengan berenang. Saat melihat burung yang bebas terbang di langit, kejengkelannya kian bertambah.

Suatu hari, kura-kura ini memaksa seekor angsa untuk membantunya terbang. Si angsa setuju. Ia mengusulkan agar si kura-kura berpegangan pada sebatang kayu yang akan diangkatnya.

Karena tangan kura-kura agak lemah, ia menggunakan mulutnya yang lebih kuat. Ia pun akhirnya bisa terbang dan merasa bangga.

Melihat teman-temannya yang tengah berenang, ia ingin menyombongkan diri. Ia lupa bahwa mulutnya harus terus dipakai untuk menggigit kayu. Ia pun terjatuh dengan keras. Beruntung, ia selamat berkat tempurung yang pernah dibencinya.

tulislah cerita dongeng pendek dan singkat !​

Pertanyaan: tulislah cerita dongeng pendek dan singkat !​

Dongeng anak gembala dan serigala

Diceritakan hiduplah seorang anak gembala yang bekerja pada saudagar kaya. Tugasnya ialah merawat serta menjaga seluruh domba majikannya. Selama menjalani tugasnya, majikan anak tersebut selalu berpesan padanya apabila terdapat serigala yang mendekat, ia bisa berteriak meminta tolong kepada orang-orang desa setempat.

Memiliki rutinitas yang hanya menggembalakan domba di tepi hutan membuat anak itu merasa bosan. Sampai akhirnya terbesit untuk melakukan tindakan tak terduga.

Sang anak tiba-tiba berteriak, “Tolong! Ada serigala di sini, tolong!”

Mendengar teriakan tersebut, warga desa pun datang menghampiri dan berniat menolong anak tersebut dari serangan serigala. Namun sesampainya di dekat sang anak, ternyata anak gembala hanya bercanda dan melakukannya karena bosan. Warga pun kesal lalu kembali pulang.

Tak hanya dilakukan sekali, selang beberapa hari kemudian anak gembala kembali melakukan kegiatan yang sama dengan berteriak meminta tolong. Lagi-lagi warga tertipu dan membuat mereka kesal karena si anak gembala hanya tertawa melihat kekesalan warga.

Sampai pada suatu sore, datanglah segerombolan serigala dan langsung memangsa domba yang digembalakannya. Merasa terancam dan ketakutan, si anak langsung berteriak meminta tolong. Namun naas, kali ini tidak ada warga yang datang karena sudah tidak percaya dengannya.

Para serigala pun berhasil memangsa banyak domba dan membawa masuk ke dalam hutan. Kejadian tersebut membuat si anak gembala menyesal dan tak akan mengulangi perbuatannya lagi.

Dari dongeng anak pendek di atas, pesan moral yang bisa diambil adalah untuk tidak berbohong. Sebab sekali saja berbohong, maka tidak akan ada orang yang mau memercayaimu lagi. Jadi kesimpulannya, cerita di atas mengajarkan si Kecil tentang kejujuran kepada sesama, Ma.

sinopsis dongeng cerita rakyat singkat

Pertanyaan: sinopsis dongeng cerita rakyat singkat

asal muasal prambanan

menceritakan cinta bandung bondowoso kepada dewi roro jonggrang,dan bandung membuat candi tapi  dewi yang berbohong atau curang terhadap bandung bondowoso, akhirnya menjadi batu

Cerita dongeng cinderella singkat

Pertanyaan: Cerita dongeng cinderella singkat

Jawaban:

pada zaman dlu ada nama nya cinderela. cinderela disuruh suruh oleh 2 orang untuk nyapu. dan ada peri yang datang untuk bisa berdansa kepada orang lain. pada malam hari cinderella pergi ketempat dansa. dan ada pangaeran mereka berdansa bersama . tiba tiba jam berbunyi dan cinderela harus cepat kabur . dan salah satu

sepeda cinderella copot. selesai

Penjelasan:

sudah saya sudah gak tau lanjutin .maaf kalo salah

cerita dongeng yang singkat dalam bahasa inggris

Pertanyaan: cerita dongeng yang singkat dalam bahasa inggris

once upon a day, there was a child. his name is joe. he loves his father so much. everyday, he always play with his father. he could not forget every single moment. time has come, joe finally become a teenager. joe says, he doesn’t need his father anymore. his father says,” be careful out there son, i know you had a lot of friends right now. but if they leave you, i will be right here to support you. i love you son.” Joe doesn’t hear that. finally, the time has come. his father died, because of an accident. joe could say nothing. his tears are falling. he could not forget the time when they’re playing together, he could not forget his face, the time when his father take care joe when joe is ill. that all just a memory. so, love someone who protect and love you right now. don’t leave them. because you don’t know what will happen tomorrow, we don’t know if they’re still live and protect us or not. -The End-

The Legend of Tanjung Menangis  (Cape Weeps)
Once upon a time there were a great empire on the island of Halmahera. King had recently died. He left two sons and one daughter. They named Majesty Arif, son Binaut Majesty and Majesty Princess Nuri. Binaut king’s sons really wanted the position as king to succeed his father. The desire was conveyed to the royal governor. “I had to replace the position of my father.” Said Binaut to the duke with confidence.
In order for the duke of supporting the plan, then Binaut gave promise that the office of the regent will be retained, and he will be rewarded gold diamond. Thanks persuasions and promises that, the duke agreed to support Binaut be king. The duke immediately set the royal guards to catch Majesty the Queen, Son and Daughter Sire Sire Arif Nuri. Once captured, they were thrown in the dungeon.
“Kanda Binaut really cruel! Greedy! Do not know myself! “Vituperation daughter Nuri sire with great emotion. However, Majesty Queen requested that Nuri patience and resignation in the face of this ordeal. “The truth will seem right and wrong will seem wrong. And the one that would later receive a just punishment, “said Majesty the Queen entertains with full of motherhood, how very hurt to see his biological son atrocities.
Binaut feel excited after plunging mother and siblings to prison. He announced to the people that the royal Majesty the Queen and their children experiencing disaster at sea. At that, the king’s son Binaut ask the court to the authorities immediately sworn in as king. Since then, the King Binaut being arrogant and snobby. He is considered as the most powerful king on earth.
For the benefit of himself, he ordered all the people of the kingdom to work diligently to build a magnificent palace. In addition, various levies imposed taxes, including taxes crops, animal tax, land tax. “Unbelievable! King Binaut exploiters and oppressors of the people, “said one resident to another. They complained to the regulations issued by the King Binaut extremely detrimental to the people. However, they are afraid to protest, let alone stand up to the king, must be punished heavily.
There was a palace maid named Wisdom. He escaped from the palace and form a formidable force against the king Binaut. At the very least, they can free Majesty the Queen and her son and daughter. “We must act quickly to save them,” Wise said hopefully. This is supported by his friends.
At that time, many court officials who have defected to join the Wise. Wise had been studying how the rescue was conducted. If rescue is successful, planned conduct incursions into the court of King Binaut. Thanks to the wise leadership, in an instant they had rescued Majesty the Queen and her children were imprisoned Binaut. They were immediately taken to the woods.
“I thanked infinite,” said Majesty the Queen with a hiccup. They look emaciated because during incarceration in the basement rarely eat and drink. Wise also convey to Your Majesty the Queen will hold the attack on the palace. But Majesty the Queen does not agree, he did not want blood on their own people. Greed, cruelty, envy and jealousy to be inferior to that submitted petitions to the Lord.
King Binaut apply arbitrarily to its people. The duke who has always supported the King’s decision eventually Binaut not happy with the behavior of the King. But he did not dare to issue a stance against. If that made sure he was fired and thrown in jail. When the prison was filled with the detainees. “Who against King, punishment penjaralah place.” That arrogance King Binaut. Because he was the most powerful and high.
Namn unexpectedly, a natural disaster occurs. A very powerful volcanic eruption. Hot lava flows in all directions. Binaut King’s Palace was the subject of hot lava. Apparently most of the hot lava had devastating devastated palace buildings newly constructed from the sweat of the people. King Binaut confusion for cover. He ran helter-skelter not knowing where to go.
Surprisingly, lava as if chasing wherever the King Binaut run. “Please-please!” Cried Binaut. Hot lava that gradually Binaut foot stuck. Immediately his feet blistered and peeling skin. He tried to not stop running. Hot lava began to creep into his body. He was tortured. When he suffered torture hot lava that he remembers his mother. He begged forgiveness. “Forgive me, Mom! Excuse me, ma’am! I can not endure this suffering! I will not betray my mother, brother and sister Arif Nuri again. Please forgive me! Mom! Mom! “Shouted Binaut pain. But the cry is lost slowly and eventually he died.
Binaut’s body washed up on a beach. Immediately the place was turned into a cape. That said, the cape was often heard people crying for mercy because they suffered extreme torture. Now the place was called the Cape terdamparnya Binaut Crying

dongeng cerita singkat tentang tukang pos

Pertanyaan: dongeng cerita singkat tentang tukang pos

Surat-surat selalu datang setiap waktu ke sana. Entah dari mana. Kami selalu menunggu si tukang pos di depan rumah kami masing-masing. Tukang pos akan lewat dan memanggil nama kami satu pe rsatu jika memang hari itu ada surat untuk kami. Tak pernah ada yang kecewa, bersedih, atau pun menangis ketika menerimanya. Yang ada hanya mata yang berkaca dan disesaki oleh rasa haru dan rindu. Kebanyakan dari kami menerima surat dari sanak kami yang jauh. Setelah tukang pos pergi dan menuju rumah lain, kami akan duduk di halaman rumah, di bawah sebatang pohon apel, dan membaca surat-surat itu.

Setelah selesai membaca surat tersebut, biasanya sebutir dua butir apel jatuh dari pohon. Buah itu akan menjadi penyegar dan penghilang rasa haus dan lapar. Setiap kali kami menerima surat-surat yang banyak, semakin melimpah apel-apel memenuhi keranjang rotan.

Kenapa semua tetanggaku berdiri di halaman?. Seperti menunggu sesuatu atau seseorang. Kukira, mereka menunggu kedatanganku sebagai tamu di lingkungan mereka. menyapaku sekilas. Tak lama setelah kujawab pertanyaan mereka, suara dering bel berbunyi dari jauh. Mereka serentak bangun dan tak memedulikanku lagi. Mereka disibukkan dengan kedatangan seorang laki-laki dengan seragam putih, bersepeda ontel, dan di dudukan belakang sepedanya ada dua keranjang yang dipenuhi amplop-amplop. Lelaki itu menyapa mereka. Lalu menyerahkan surat di tiap-tiap rumah. Mereka ternyata menunggu-nunggu si tukang pos datang menuju rumah mereka. Di depan rumah baruku, ia berhenti. Ia meraih amplop dan membaca sederet huruf di sana,

Tidak hanya jawaban dari soalan mengenai cerita dongeng bergambar dan singkat, Bapak/Ibu juga mendapatkan kunci jawaban atas pertanyaan seperti cerita dongeng yang, ceritakan dongeng yang, cerita dongeng singkat!!!​, tulislah cerita dongeng, and Tulislah cerita dongeng/rakyat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak