Cerita Bergambar Kisah Nabi Yunus

Jika Bapak/Ibu mencari jawaban atas soal cerita bergambar kisah nabi yunus, Bapak/Ibu berada di website yang tepat. Kami mempunyai sekitar 10 Pertanyaan dan jawaban tentang cerita bergambar kisah nabi yunus. Untuk informasi lebih lanjut, silakan simak di bawah ini.

cerita anak islami kisah nabi yunus

Ceritakan kisah keteladanan Nabi yunus dan kisah keteladanan Nabi zakariya

Pertanyaan: Ceritakan kisah keteladanan Nabi yunus dan kisah keteladanan Nabi zakariya secara singkat ! ​

kisah nabi yunus: nabi yunus diutus allah swt untuk berdakwah kepada penduduk ninawa mereka orang yang menyembah berhala. nabi yunus mengajak mereka untuk beriman kepada allah dan tidak menyembah berhala tapi mereka tolak dan masih menyembah berhala nabi yunus sering mengalami keputusasaan. hal tersebut membuat nabi yunus memutuskan untuk meninggalkan negrinya dalam keadaan marah terhadap kaumnya .

nabi yunus pergi ke tepi laut dan menaiki kapal . saat itu ombak laut dasyat dan angin kencang membuat kapal menjadi oleng dan hampir tenggelam . mereka melakukan undian dan undian tersebut didapatkan nabi sudah diulangi beberapa kali tetap nabi yang mendapatkannya nabi. kemudian nabi terjun ke laut dan seekor ikan paus menelan nabi yunus . nabi didalam perut ikan lama sekali dalam keadaan gelap dan tanpa makanan beliau hanya berzikir dan meminta maaf kepada allah . dan Allah memerintahkan paus untuk memuntahkan nabi dan dimuntahkan dipulau yang gersang dalam keadaan sakit . allah memberi pertolongan dengan ditumbuhkannya pohonyang punya daun lebar

kisah nabi zakaria di foto

maaf kalau salah

ceritakan kisah singkat tentang nabi yunus a.s​

Pertanyaan: ceritakan kisah singkat tentang nabi yunus a.s​

Jawaban:

Nabi Yunus diutus oleh Allah untuk mendakwahi suatu kaum di Israel , tetapi Nabi Yunus meninggalkan kaum tersebut , saat menaiki kapal Nabi Yunus terpaksa harus keluar karena kapal pada saat itu kapal tersebut kelebihan , lalu saat berenang menuju tepi pantai Nabi Yunus ditelan paus

ceritakan Kisah Nabi Yunus​

Pertanyaan: ceritakan Kisah Nabi Yunus​

nabi Yunus binmata termasuk orang yang shalih,sejak sebelum diangkat menjadi nabi dan rasul beliau itu memang seorang ahli ibadah yang tekun.ia termasuk orang yang lurus namun ada kelemahannya yaitu mudah hilang harapan ia telah mengajak kaumnya menyembah Allah dan meninggalkan penyembahan terhadap berhala meninggalkan kemaksiatan dan kedurhakaan namun di antara sekian banyak kaumnya itu hanya dua orang yang mau mengikutinya dua orang itu adalah rubli dan tanuh rubli seorang yang alim dan bijaksana tanuh seorang yang tenang dan sederhana.

NABI Yunus meninggalkan kaumnya:)

nabi Yunus mengancam kaumnya bahwa jika dalam tempo 30 hari mereka tidak mau insyaf, tidak bertaubat kepada Allah maka akan diturunnya siksa Allah mencela batas waktu itu dan supaya ditambah 10 hari dengan demikian turunnya siksa itu menjadi 40 hari.ia kembali kepada kaumnya untuk menyampaikan bahwa tenggang waktu bagi mereka ditambah 10 hari. selepas itu mereka akan di siksa.tetapi kaumnya tiada mau menggubrisnya.mereka malah berani menunggu datangnya siksa itu. nabi Yunus putus asa atas kebenggalan kaumnya itu.ia pergi meninggalkan mereka.setelah 40 hari tiba-tiba muncullah awan gelap di pagi hari:” bertambah siang mereka melihat cahaya merah seperti api hendak turun dari langit. mereka ketakutan, berbondong- bondong mencari nabi Yunus tetapi tidak ke temu tak seorang pun mengetahui tempat lalu mereka bertaubat dan menjalankan ajaran nabi Yunus maka siksa tak jadi diturunkan

Ditelan ikan paus:)

nabi Yunus tak tahu pergi ke mana tiba di tepi laut ia menumpang sebuah kapal penumpang kapal sebenarnya sudah banyak ketika tiba di tengah laut kapal itu oleng dihantam ombak semua perbekalan sudah dikurangi namun kapal tetap oleng nakhoda memutuskan untuk melempar salah seorang penumpang ke laut diadakan undian di undi tiga kali selalu nama Yunus yang keluar tak dapat ditolak lagi maka nabi Yunus dilempar ke tengah laut Allah tidak menghendaki rasulnya binasa seekor ikan paus besar diperintah menelan nabi Yunus di dalam perut ikan itulah nabi Yunus sadar akan kesalahannya telah meninggalkan kaumnya nya ia berdoa kepada Allah dan bertaubat kepadanya:” ya Allah tiada Tuhan selain engkau maha suci Tuhan sesungguhnya aku telah menganiaya diriku sendiri dan aku termasuk orang-orang yang zalim.”atas kesungguhannya dalam berdoa dan karena rahmat Allah maka nabi Yunus dikeluarkan dari perut ikan paus ia tiba di tepi pantai dalam keadaan sakit dan lemah setelah mengembalikan kekuatan dan kesehatannya maka ia segera kembali kepada kaumnya ternyata kaumnya itu menyambut kedatangannya dengan gembira tak kurang dari 100.000 orang telah diseru nabi Yunus untuk menyembah Allah karena kau nya menurut dan bersedia diajak beribadah kepada Allah maka Allah memberikan kelapangan dan ketentraman hidup dan kesenangan selama beberapa masa

ceritakan kisah keteladanan Nabi Yunus a.s dengan singkat ​

Pertanyaan: ceritakan kisah keteladanan Nabi Yunus a.s dengan singkat ​

Jawaban:

Nabi Yunus Meninggalkan Kaumnya

Nabi Yunus as mengancam kaumnya bahwa jika dalam tempo 30 hari mereka tidak mau insyaf, tidak bertaubat kepada Allah maka akan diturunkan siksa. Allah mencela batas waktu itu dan supaya ditambah 10 hari dengan demikian turunnya siksa itu menjadi 40 hari.

Ia kembali kepada kaumnya untuk menyampaikan bahwa tenggang waktu bagi mereka ditambah 10 hari. Selepas itu mereka akan disiksa. Tetapi kaumnya tidak mau menggubrisnya, mereka malah berani menunggu datangnya siksa itu. Nabi Yunus as putus asa atas kebenggalan kaumnya itu. Ia pergi meninggalkan mereka.

Setelah 40 hari tiba-tiba muncullah awan gelap dipagi hari : “Bertambah siang mereka melihat cahaya merah seperti api hendak turun dari langit. Mereka ketakutan, berbondong-bondong mencari Nabi Yunus tetapi tidak ketemu. Tak seorangpun mengetahui tempatnya. Lalu mereka bertaubat dan menjalankan ajaran Nabi Yunus. Maka siksa tak jadi diturunkan.

Ketika Nabi Yunus Ditelan Ikan Paus

Nabi Yunus tak tahu harus pergi ke mana. Tiba di tepi laut ia menumpang sebuah kapal, penumpang kapal sebenarnya sudah banyak, ketika tiba di tengah laut kapal itu oleng dihantam ombak. Semua perbekalan sudah dikurangi, namun kapal tetap oleng. Nakhoda memutuskan untuk melempar salah seorang penumpang ke laut. Diadakan undian, di undi tiga kali selalu nama Yunus yang keluar. Tak dapat ditolak lagi maka Nabi Yunus dilempar ke tengah laut.

Allah tidak menghendaki Rasul-Nya binasa, seekor ikan paus besar diperintahkan untuk menelan Nabi Yunus. Di dalam perut ikan itulah Nabi Yunus sadar akan kesalahannya karena telah meninggalkan kaumnya. Ia berdoa kepada Allah dan bertaubat kepada-Nya : “Ya Allah, Tiada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Tuhan. Sesungguhnya aku telah menganiaya diriku sendiri. Dan aku termasuk golongan orang yang dzalim”.

Atas kesungguhannya dalam berdoa dan karena rahmat Allah maka Nabi Yunus dikeluarkan dari perut ikan paus. Ia tiba di tepi pantai dalam keadaan sakit dan lemah. Setelah Allah mengembalikan kekuatan dan kesehatannya maka ia segera kembali kepada kaumnnya.

Ternyata kaumnya itu menyambut kedatangannya dengan gembira. Tak kurang dari 100.000 orang telah diseru Nabi Yunus untuk menyembah Allah. Karena kaumnya menurut dan bersedia diajak beribadah kepada Allah maka Allah memberikan kelapangan dan ketentraman hidup dan kesenangan selama beberapa masa.

Kisah Singkatnya:

Nabi Yunus pernah masuk kedalam mulut ikan paus. Nabi Yunus masuk dengan keadaan telanjang dan tak berambut tapi Allah SWT menumbuhkan pohon labu. Tapi labu itu kering akhirnya beliau menangis. Allah berfirman kepadanya “Apakah kamu menangis karena pohon itu kering. Namun kamu tidak menangis karena seratus ribu orang atau lebih yang ingin engkau binasakan.”

Selanjutnya, Allah Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan Yunus agar kembali kepada kaumnya untuk memberitahukan mereka, bahwa Allah Ta’ala telah menerima taubat mereka dan telah ridha kepada mereka. Maka Nabi Yunus ‘alaihissalam melaksanakan perintah itu, ia pergi mendatangi kaumnya dan memberitahukan kepada mereka wahyu yang diterimanya dari Allah Subhanahu wa Ta’ala.

kisah nabi Yunus diceritakan di dalam Alquran​

Pertanyaan: kisah nabi Yunus diceritakan di dalam Alquran​

Jawaban:

Surah Yunus ayat 10

Penjelasan:

Allah SWT berfirman:

فَلَوْلَا كَا نَتْ قَرْيَةٌ اٰمَنَتْ فَنَفَعَهَاۤ اِيْمَا نُهَاۤ اِلَّا قَوْمَ يُوْنُسَ ۗ لَمَّاۤ اٰمَنُوْا كَشَفْنَا عَنْهُمْ عَذَا بَ الْخِزْيِ فِى الْحَيٰوةِ الدُّنْيَا وَمَتَّعْنٰهُمْ اِلٰى حِيْنٍ

falau laa kaanat qoryatun aamanat fa nafa’ahaaa iimaanuhaaa illaa qouma yuunus, lammaaa aamanuu kasyafnaa ‘an-hum ‘azaabal-khizyi fil-hayaatid-dun-yaa wa matta’naahum ilaa hiin

“Maka mengapa tidak ada (penduduk) suatu negeri pun yang beriman lalu imannya itu bermanfaat kepadanya selain kaum Yunus? Ketika mereka (kaum Yunus itu) beriman, Kami hilangkan dari mereka azab yang menghinakan dalam kehidupan dunia dan Kami beri kesenangan kepada mereka sampai waktu tertentu.”

(QS. Yunus 10: Ayat 98)

ceritakan kembali kisah nabi yunus!

Pertanyaan: ceritakan kembali kisah nabi yunus!

Nabi Yunus bin Mata termasuk orang yang shaleh, sejak sebelum diangkat menjadi Nabi dan Rasul beliau memang seorang ahli ibadah yang tekun. Ia termasuk orang yang lurus, namun ada kelemahannya yaitu mudah hilang harapan, ia telah mengajak kaumnya menyembah Allah dan meninggalkan penyembahan terhadap berhala. Meninggalkan kemaksiatan dan kedurhakaan. Namun di antara sekian banyak kaumnya itu hanya dua orang yang mau mengikutinya. Dua orang itu adalah Rubil dan Tanuh. Rubil seorang yang alim dan bijaksana sedangkan Tanuh seorang yang tenang dan sederhana.

Nabi Yunus Meninggalkan Kaumnya

Nabi Yunus as mengancam kaumnya bahwa jika dalam tempo 30 hari mereka tidak mau insyaf, tidak bertaubat kepada Allah maka akan diturunkan siksa. Allah mencela batas waktu itu dan supaya ditambah 10 hari dengan demikian turunnya siksa itu menjadi 40 hari.

Ia kembali kepada kaumnya untuk menyampaikan bahwa tenggang waktu bagi mereka ditambah 10 hari. Selepas itu mereka akan disiksa. Tetapi kaumnya tidak mau menggubrisnya, mereka malah berani menunggu datangnya siksa itu. Nabi Yunus as putus asa atas kebenggalan kaumnya itu. Ia pergi meninggalkan mereka.

Setelah 40 hari tiba-tiba muncullah awan gelap dipagi hari : “Bertambah siang mereka melihat cahaya merah seperti api hendak turun dari langit. Mereka ketakutan, berbondong-bondong mencari Nabi Yunus tetapi tidak ketemu. Tak seorangpun mengetahui tempatnya. Lalu mereka bertaubat dan menjalankan ajaran Nabi Yunus. Maka siksa tak jadi diturunkan.

Ketika Nabi Yunus Ditelan Ikan Paus

Nabi Yunus tak tahu harus pergi ke mana. Tiba di tepi laut ia menumpang sebuah kapal, penumpang kapal sebenarnya sudah banyak, ketika tiba di tengah laut kapal itu oleng dihantam ombak. Semua perbekalan sudah dikurangi, namun kapal tetap oleng. Nakhoda memutuskan untuk melempar salah seorang penumpang ke laut. Diadakan undian, di undi tiga kali selalu nama Yunus yang keluar. Tak dapat ditolak lagi maka Nabi Yunus dilempar ke tengah laut.

Allah tidak menghendaki Rasul-Nya binasa, seekor ikan paus besar diperintahkan untuk menelan Nabi Yunus. Di dalam perut ikan itulah Nabi Yunus sadar akan kesalahannya karena telah meninggalkan kaumnya. Ia berdoa kepada Allah dan bertaubat kepada-Nya : “Ya Allah, Tiada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Tuhan. Sesungguhnya aku telah menganiaya diriku sendiri. Dan aku termasuk golongan orang yang dzalim”.

Atas kesungguhannya dalam berdoa dan karena rahmat Allah maka Nabi Yunus dikeluarkan dari perut ikan paus. Ia tiba di tepi pantai dalam keadaan sakit dan lemah. Setelah Allah mengembalikan kekuatan dan kesehatannya maka ia segera kembali kepada kaumnnya.

Ternyata kaumnya itu menyambut kedatangannya dengan gembira. Tak kurang dari 100.000 orang telah diseru Nabi Yunus untuk menyembah Allah. Karena kaumnya menurut dan bersedia diajak beribadah kepada Allah maka Allah memberikan kelapangan dan ketentraman hidup dan kesenangan selama beberapa masa.

ceritakan kisah nabi yunus.. rangkum ya

Pertanyaan: ceritakan kisah nabi yunus.. rangkum ya

Berikut merupakan kisah nabi yunus dapat disimak pembahasan di bawah ini

Pembahasan

Negeri Niwana dikaruniai berkah yang luar biasa oleh allah. Mereka hidup dalam kecukupan dan kemakmuran. Namun sayangnya, mereka sangat buruknya dengan kaum Bani Israil. Mereka menyembah berhala dan selalu saja mengabaikan dakwah nabi Yunus. Nabi yang diutus untuk menyadarkan Negeri Niwana. Nabi yunus terus berdakwah bertahun-tahun lamanya, tetapi penduduk niwana selalu saja tidak mau menerima ajaran nabi yunus. Bahkan mereka tidak takut mendapat azab dari allah. Mereka tetap saja menyembah patung dan berhala. Sikap membengkang penduduk niwana tersebut membuat nabi yunus marah. Hingga akhirnya nabi yunus meminta untuk hijrah ke negeri lain. Sebelum perhir, nabi yunus mengingat akan adanya azab atau siksa dari allah yang sangat pedih. Namun pesan itu tidak dihiraukan. Sepeninggal nabi yunus, hukuman dari allah benar-benar datang. Gelombang panas datang menerjang sawah dan ladang mengering, sungai pun kering. Hujan tidak turun. Di tengah-tengah bencana itu barulah penduduk niwana sadar bahwa perkataan nabi yunus benar. Sementara itu nabi yunus menumpang sebuah perahu untuk mengungsi ke negeri seberang. Di tengah perjalanan, ada badai mengamuk perahu nya terombang-ambing. lalu perahunya bocor dan salah satu penumpang harus turun untuk mengurangi berat perahu. Akhirnya nabi yunus yang turun. Beliau ikhlas jika dirinya harus dibuang ke laut untuk menyelamatkan kapal

.Nabi yunus melompat ke laut. Kemudian allah meminta ikan paus untuk menelan nabi yunus.Nabi yunus berzikir untuk meminta ampunan kepada allah. setelah behari-hari barulah ikan menepi di pinggir pantai. Nabi yunus bersyukur karena ia masih hidup dan beliau keluar dengan keadaan sakit. Kemudian Allah menurunkan buah labu untuk makan nabi yunus dan akhirnya nabi yunus sehat seperti biasanya.

Pelajari lebih lanjut

  • jelaskan secara singkat cerita nabi muhammad SAW – https://brainly.co.id/tugas/18704198
  • Tolong…… https://brainly.co.id/tugas/19637219
  • dari banyak nabi yang kita kenal, sebutkan 3 nabi yang berasal dari ..https://brainly.co.id/tugas/26180395

Detail Jawaban

Mapel : Agama Islam

Kelas : 4

Materi : Bab 3 – Kisah nabi dan rasul

Kode soal : 14

Kode kategorisasi : 4.14.3

Kata kunci :Nabi yunus

#OptiTimCompetition

#TingkatkanPrestasimu

Amati dan tulislah cerita berdasarkan gambar berikut! Kaitkan cerita dengan

Pertanyaan: Amati dan tulislah cerita berdasarkan gambar berikut! Kaitkan cerita dengan hikmah kisah dari kisah nabi Yunus a.s dan nabi Zakaria a.s.!

Jawaban:

bedoa

Penjelasan:

tentang Nabi Zakaria

berdoa kepada Allah agar diberi keturunan

tentang Nabi Yunus

….

Buatlah cerita tentang meneladani kisah Nabi Yunus as

Pertanyaan: Buatlah cerita tentang meneladani kisah Nabi Yunus as

Jawaban:

pencet aja foto nya

SEMOGA MEMBANTU JADIKAN JAWABAN TERCERDAS

ceritakan kisah nabi yunus rangkum yaa​

Pertanyaan: ceritakan kisah nabi yunus rangkum yaa​

Jawaban:

pada jaman dahulu ada seorang anak bernama Yunnus setela itu di jadi nabi dan memiliki nama nabi gunnus selesai

Jawaban:

kisah ini berawal dari ketika Nabi Yunus mengajak kaumnya untuk beribadah kepada Allah sebagaimana kewajibannya. dan seperti biasa kaumnya menolak ,Oleh karena itu Nabi Yunus merasa kesal dan mengatakan Allah akan mendatangkan azab kepada kaumnya lalu ia pun meninggalkan kaumnya tanpa perintah dari Allah.

Ketika Nabi Yunus meninggalkan kaumnya Allah langsung mendatangkan azab kepada kaum nabi yunus tetapi mereka tersadar bahwa itu adalah azab yang dirasakan oleh kaum tsamud dan kaum ad Oleh karena itu mereka Langsung bertobat kepada Allah karena mereka tidak menemukan keberadaan Nabi Yunus . dan Allah menerima Taubat mereka.

sementara itu Nabi Yunus pergi berlayar dengan kapal nelayan,tiba-tiba muatan pada kapal itu harus dikurangi. Setelah semua barang diturunkan muatan kapal itu tetap harus dikurangi Oleh karena itu salah seorang dari mereka yang menumpang kapal tersebut harus diturunkan lalu mereka pun membuat undian dan tiga kali undian tersebut terdapat nama nabi Yunus Akhirnya Nabi Yunus pun terpaksa dilemparkan ke laut dan atas mukjizat Allah seekor ikan paus datang dan menelan Nabi Yunus.

Nabi Yunus pun tersadar akan kesalahannya .Oleh karena itu dalam perut ikan Nabi Yunus meminta ampunan kepada Allah dan berdzikir kepadanya lalu Nabi Yunus dibawa ke daratan dan dikembalikan kepada kaumnya oleh Allah swt.

*ma’af klo jawabanya kurang langkap atau kurang panjang/pendek. semoga membantu

Tidak hanya jawaban dari soalan mengenai cerita bergambar kisah nabi yunus, Bapak/Ibu juga mendapatkan kunci jawaban atas pertanyaan seperti ceritakan kisah keteladanan, ceritakan kisah nabi, ceritakan kembali kisah, ceritakan kisah nabi, and ceritakan kisah singkat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak