Jawaban Presentasi Tentang Kerajaan lombok dan sumbawa

Jika kalian sedang mencari fatwa atas pertanyaan: Presentasi Tentang Kerajaan lombok dan sumbawa, maka kamu berada di tempat yang tepat.

Disini cawis beberapa jawaban mengenai ihwal tersebut. Silakan baca makin lanjut.

Presentasi Tentang Kerajaan lombok dan sumbawa

Pertanyaan

Presentasi Tentang Kerajaan lombok dan sumbawa

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: Presentasi Tentang Kerajaan lombok dan sumbawa

erajaan Selaparang muncul pada dua periode yakni pada abad ke-13 dan abad ke-16. Kerajaan Selaparang pertama adalah kerajaan Hindu dan kekuasaannya berakhir dengan kedatangan ekspedisi Kerajaan Majapahit pada tahun 1357. Kerajaan Selaparang kedua adalah kerajaan Islam.
Secara selintas, urutan berdirinya kerajaan-kerajaan di daerah ini bisa dirunut sebagai berikut, dengan catatan, ini bukan satu-satunya versi yang berkembang. Pada awalnya, kerajaan yang berdiri adalah Laeq. Diperkirakan, posisinya berada di kecamatan Sambalia, Lombok Timur. Dalam perkembangannya, kemudian terjadi migrasi, masyarakat Laeq berpindah dan membangun sebuah kerajaan baru, yaitu Kerajaan Pamatan, di Aikmel, desa Sembalun sekarang. Lokasi desa ini berdekatan dengan Gunung Rinjani. Suatu ketika, Gunung Rinjani meletus, menghancurkan desa dan kerajaan yang berada di sekitarnya. Para penduduk menyebar menyelamatkan diri ke wilayah aman. Perpindahan tersebut menandai berakhirnya Kerajaan Pamatan.
Lokasi Kerajaan
Kerajaan Selaparang adalah salah satu kerajaan yang pernah ada di Pulau Lombok. Pusat kerajaan ini pada masa lampau berada di Selaparang (sering pula diucapkan dengan Seleparang), yang saat ini kurang lebih lebih berada di desa Selaparang, kecamatan Swela, Lombok Timur.

Penutup

Sekian tanya-jawab mengenai Presentasi Tentang Kerajaan lombok dan sumbawa, biar dengan ini bisa membantu menyelesaikan masalah kamu.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak