Jawaban Apa yg dimaksud dengan air musta'mal?​

Jika kamu sedang mencari jawaban atas pertanyaan: Apa yg dimaksud dengan air musta'mal?​, maka kamu berada di tempat yang tepat. Disini ada beberapa jawaban mengenai pertanyaan tersebut. Silakan baca lebih lanjut.

Pertanyaan

Apa yg dimaksud dengan air musta'mal?​

Jawaban #1 untuk Pertanyaan: Apa yg dimaksud dengan air musta'mal?​

Air musta’mal adalah air bekas pemakaian bersuci, baik bersuci ini hukumnya wajib, seperti berwudhu sebagai syarat sah shalat, atau bersuci yang hukumnya sunah, seperti mandi sunah shalat Jum’at.

Kemudian air musta’mal ada dua jenis, pertama musta’mal dari hadats, yaitu air bekas bersuci dari hadats, kedua musta’mal dari najis, yaitu air bekas bersuci dari najis.

Adapun air musta’mal dari hadats maka hukum air ini adalah suci namun tidak mensucikan, sehingga tidak sah digunakan lagi untuk bersuci.

Imam Nawawi (w 623 H) dalam kitabnya al-Majmu’ Syarh al-Muhadzab mengutip pernyataan Abu Hamid:

قال الشيخ أبو حامد نص الشافعي في جميع كتبه القديمة والجديدة أن المستعمل ليس بطهور

Berkata Abu Hamid al-Asfaroyini (w 406 H): Imam Syafi’i menulis dalam semua kitabnya baik yang qodim maupun yang jadid bahwa air musta’mal tidaklah mensucikan.

Kemudian Imam Nawawi menegaskan kembali status air must’amal ini dalam pandangan Madzhab Syafi’i:

قد ذكرنا أن المستعمل طاهر عندنا بلا خلاف وليس بمطهر علي المذهب

Telah kami sebutkan bahwa air musta’mal statusnya adalah suci tanpa khilaf dan tidak mensucikan dalam pandangan madzhab.

Kenapa air musta’mal tidak mensucikan?

Air musta’mal tidak mensucikan karena telah hilang kemurnian atau kemutlakan air tersebut, dalam kitab al-Mausu’ah al-Fiqhiyah al-Kuwaitiyah disebutkan:

إذا استعمل الماء المطلق للطهارة من أحد الحدثين امتنع إطلاق اسم الماء عليه دون قيد، وصار له حكم آخر من حيث الطهورية

Apabila air mutlak (air murni) dipakai untuk bersuci dari salah satu dua hadats (hadats kecil dan hadats besar) maka kemutlakan air tersebut telah hilang, sehingga air ini memiliki hukum lain yang berbeda dari air mutlak dalam penggunaanya untuk bersuci.

Jawaban #2 untuk Pertanyaan: Apa yg dimaksud dengan air musta'mal?​

Air musta'mal adalah Air Suci tetapi Tidak Mensucikan...

Maksudnya: air yg kurang dari dua kulah dan telah digunakan untuk bersuci menghilangkan hadas dan najis tetapi tidak berubah rupa, rasa, dan baunya.

Sekian tanya-jawab mengenai Apa yg dimaksud dengan air musta'mal?​, semoga dengan ini bisa membantu menyelesaikan masalah kamu.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak