Sebentar lagi pelaksanaan ANBK 2021. Yuk Intip Persiapanya!


Sebentar lagi pelaksanaan ANBK 2021 akan segera dimulai. Yuk mulai persiapannya dari sekarang.
{getToc} $title={Daftar Isi}

Tapi tahukah Anda apa itu ANBK?

Pengecekan oleh Proktor

Jika belum, yuk simak penjelasan tentang apa itu ANBK di bawah ini.

ANBK adalah singkatan dari Penilaian Berbasis Komputer Nasional. Jadi apa tujuan dari Penilaian Nasional? Siapa targetnya?

Melansir situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, definisi Asesmen Nasional adalah program penilaian yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan atau Kebudayaan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan memotret input, proses, dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

Penilaian nasional perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Penilaian ini dirancang untuk menghasilkan informasi yang akurat untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar siswa.

Asesmen Nasional ini akan dilaksanakan dalam tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (CMA Literacy, Numeracy), survei karakter dan survei lingkungan belajar.

Penilaian Kompetensi Minimum (AKM)

ISOMA

Tujuan dari Penilaian Kompetensi Minimum (AKM) adalah untuk mengukur literasi membaca dan literasi matematika siswa (penomoran).

AKM untuk mengukur literasi membaca dapat diartikan sebagai kemampuan memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks tertulis untuk mengembangkan kemampuan individu sebagai warga negara Indonesia dan warga dunia, serta dapat memberikan kontribusi yang produktif kepada masyarakat.

Sedangkan AKM untuk mengukur berhitung adalah kemampuan berpikir dengan menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk memecahkan masalah sehari-hari dalam berbagai konteks yang relevan bagi individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia.

Studi Karakter

Survei karakter merupakan salah satu instrumen Asesmen Nasional untuk mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter siswa.

Studi Lingkungan Studi

Survei lingkungan studi juga merupakan instrumen penting dalam Penilaian Nasional.

Digunakan untuk mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar mengajar di kelas dan di tingkat satuan pendidikan.

Bentuk soal Asesmen terbagi menjadi lima yaitu berupa pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, entri singkat dan uraian.

Sementara itu, pelaksanaan ANBK 2021 dijadwalkan pada September-Oktober 2021.

Kemudian pada ANBK tahun 2021 akan dipilih responden siswa secara acak dengan jumlah siswa SD/MI maksimal 30 siswa, 45 siswa SMP/MTs, dan 45 siswa SMA/SMK/MA pada satuan pendidikan.

Sedangkan responden satuan pendidikan kesetaraan adalah seluruh peserta didik yang terdaftar sebagai peserta tes kesetaraan Paket A/Ula-Kelas 6, Paket B/Wustha-Kelas 9 dan Paket/Ulya-Kelas 12.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak