Tumpeng Nasi Kuning ala SDN Sukamulya 3

Tumpeng Nasi Kuning ala SDN Sukamulya 3, sebelum melihat beberapa tumpeng nasi kuning, ada baiknya kita tahu dulu sejarahnya.

{getToc} $title={Daftar Isi}

Sejarah Tumpeng Nasi Kuning

Tumpeng Nasi Kuning ala SDN Sukamulya 3

Orang Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan nasi kuning. Nasi yang dimasak dengan kunyit ini memiliki preferensi rasa yang khas. Nasi kuning biasanya disajikan untuk acara-acara khusus seperti perayaan atau syukuran.

Tumpeng Nasi Kuning ala SDN Sukamulya 3

Meski sebenarnya sudah menjadi fenomena biasa, namun tak sedikit yang mengetahui latar belakang makanan konvensional ini. Warna kuning beras ini dalam adat Indonesia adalah warna emas, yang menunjukkan kekayaan. Nasi kuning sering dijumpai jenis gunung segitiga atau biasa disebut kerucut sedimen bukit emas, kesejahteraan dan juga kehidupan yang mulia.

Tumpeng Nasi Kuning ala SDN Sukamulya 3

Dengan adanya nasi kuning pada acara tersebut diharapkan dapat membawa banyak berkah sejati serta kesejahteraan hidup melalui limpahan alam yang melimpah.

Tumpeng Nasi Kuning ala SDN Sukamulya 3
Oleh karena itu, nasi kuning dalam bentuk tumpeng biasanya menjadi resep utama dan sakral, disajikan pada Hari Thanksgiving atau berbagai momen bahagia lainnya, seperti perayaan ulang tahun, hari jadi pernikahan, lainnya, acara pernikahan dan pesta pernikahan.

Tumpeng Nasi Kuning ala SDN Sukamulya 3

Nasi kuning berasal dari Jawa, meski banyak sekali sajian nasi kuning di berbagai daerah, pengaruhnya justru berasal dari Jawa. Saat ini beberapa orang Indonesia yang berciuman sudah tidak asing lagi dengan sajian nasi kuning untuk berbagai acara.

Tumpeng Nasi Kuning ala SDN Sukamulya 3

Akhirnya, orang Jawa kuno sangat berhati-hati dalam menyiapkan dan menawarkan nasi kuning sebagai resep yang unik. Nasi kuning tidak hanya memiliki arti yang sangat baik, tetapi juga menjadi petisi bagi orang-orang yang menghargainya dan merayakannya.

Perlombaan Tumpeng Nasi Kuning SDN Sukamulya 3

Rabu (27/10/2021) Sekolah kami mengadakan acara Maulid Nabi Muhammad SAW. Yakni tausiyah Islami yang di bawakan oleh salah satu penceramah dari desa Sukamulya.

Tumpeng Nasi Kuning ala SDN Sukamulya 3

Disamping itu untuk memeriahkan acara ini Sekolah mengadakan lomba tumpeng nasi kuning, dengan 115 siswa, dikelompokan menjadi 6 peserta terdiri dari kelas 1 s.d kelas 6, selain itu kami juga memberikan santunan anak yatim yang terdiri dari 20 siswa terpilih berhak mendapatkanya.

NB

Jangan Lupa Subcsribe akun youtube ROHMAN denis (Kepsek SDN Sukakerta)

Silakan tonton di Youtube, dan padamkan warna merah


Demikian dokumentasi tentang Tumpeng Nasi Kuning ala SDN Sukamulya 3, semoga menjadi inspirasi dan bermanfaat bagi kita semua. Amiin.

1 Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak